Buku karangan Rhenald Kasali yang terbaru dengan judul RE-CODE your change DNA ini membebaskan belenggu-belenggu untuk meraih keberanian dan keberhasilan dalam pembaharuan. Karena ada sebagian orang yang menolak perubahan itu sendiri. Buku dengan jumlah halaman 270 halaman ini. Terbagi dalam enam bagian yang terdiri dari sepuluh bab.

Dimana masing-masing bagian membahas tentang perkenanalan, pribadi unggul dalam pembaharuan, kepemimpinan transformasi, menghancurkan belenggu institusi, memulai dari hal-hal yang kecil (rahasia membangun chgange agents), dan pembaharuan. Ada yang menolak perubaan dan tidak sedikit prang yang ingin mendapatkan perubahan dalam kehidupan sendiri, dalam organisasi dan negaranya menjadi lebih baik. Buku Re-code your change DNA ini mengandung empat hal, yaitu cerita (kasus), konsep (teori), strategi dan filosopi.

Dimana hampir setiap pembahasan selalu disertai ilustrasi, sehingga memudahkan untuk dimengerti. Selain isinya yang tidak terlalu mengurui. Karena diambil dari beberapa cerita dan kasus dari manca negara. Bahkan dari segala pengamatan dan interaksi di lapangan dengan para pelaku usaha yang ditulis oleh pengarang buku managemen yang bukunya setaraf dengan pengarang manca negara.

Seperti karakter dan cara berpikir sangat mempengaruhi perubahan. Dimana organisasi tidak akan berkembang atau lumpuh. Karena organisasi tersebut mempunyai gejala-gejala yang kasat mata, tidak adanya gairah dan koordinasi. Meskipun organisasi ini masih bergerak, tetapi 'otaknya' sesungguhnya sudah lumpuh. Karena organisasi yang otaknya sudah lumpuh, tidak akan mampu memberikan manfaat apa-apa.

Re-code your change DNA ini selain mencabarkan kasus atau cerita, juga memberikan solusi dan penyebabnya. Dimana penyebab organisasi yang lumpuh itu, ada tiga penyebab. Untuk menyukseskan organisasi dibutuhkan berpikir, belajar dan pengetahuan-pengetahuan yang baru. Dan bukan, karena masa lalu. Namun, terus melakukan pembaharuan dan riset untuk mengembangkan organisasi. Sehingga dibutuhkan pemikiran untuk maju dan berkembang. Ini merupakan salah satu gambaran yang ingin diungkapkan Rhenald Kasali dalam buku terbarunya, setelah Change.

Karena pada dasarnya setiap organisasi atau perusahaan menginginkan suatu perubahan. Dalam melakukan perubahaan, kode-kode DNA itulah yang harus direkayasa ulang atau di Re-Code agar ada perubahaan yang diinginkan terjadi. Sebab, organisasi atau perusahaan juga mempunyai DNA. Tanpa pengkodean ulang, perubahaan tidak akan terjadi.
Begitu juga dengan pola berpikir, Re-code adalah sebuah keajaiban yang mengubah cara berpikir semua orang.

RE-CODE - Your Change DNA adalah Refleksi terhadap perubahan yang dilakukan, bukan demi perubahan itu sendiri. Perubahan dilakukan agar kita cocok dengan keadaan dimana kita berada. Pada dasarnya adalah pada prilaku kita. Selama kita tidak berhasil merubah prilaku seseorang, meskipun menggunakan teknologi terkini, keadaan baru dimana kita berada. Jadi, intinya adalah prilaku dan pola pikir agar terjadi perubahan, dimana harus banyak belajar dan memahami tujuan akan perubahan itu sendiri.

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health