Banyak orang muda merasa kurang gentelman jika tidak merokok atau merasa kurang pede, seperti Irvan merasa kurang pede jika duduk-duduk dengan Edo Cs yang sedang asyik merokok dihadapannya. Mungkin, kamu seperti Dave yang mencoba-coba merokok sekalinya keterusan dan menjadi kecanduan. Jika tidak merokok ada yang hilang didalam dirinya. Sebagian orang muda, terutama pria. Sering merasa diejek kawannya jika tidak merokok. Merokok bagi sebagian besar dikalangan remaja pria memang mengasikan. Bahkan, katanya dengan merokok dapat menghilangkan stres dengan menyendiri sambil menghisap sebatang rokok.

Saat ini dikalangan anak muda di Indonesia didapati merokok baik itu remaja putri maupun pria. Mereka tidak menyadari bahaya yang datan pada mereka di masa yang akan datang. Merokok dapat melemahkan kapasitas orang-orang muda dalam bidang atletik atau olahraga. Buktinya, hanya sedikit juara atletik yang terus merokok didalam latihannya. Pada umumnya, mereka sependapat bahwa merokok dapat menghambat prestasinya.

Sekarang ini, banyak sistem perdagangan dan iklan rokok yan sistematis telah membuat rokok sebagai bagian dalam pergaulan. Ini tentunya, sangat berbahaya bagi remaja. Bahkan saat ini sudah ada rokok tanpa asap (smokeless) dalam bentuk tablet hisap.

Rokok seperti ini sangat berbahaya karena rokok ini berupa tembakau yang dikunyah atau snuffobacco. Rokok dapat menimbulkan ketergantungan atau kecanduan.

Ada tiga macam pengaruh buruk rokok dengan sadar atau tidak rokok telah merongrong ekonomi pribadi atau keluarga. Rokok juga membahayakan oranglain dan merusak kesehatan sendiri. Mungkin pengaruh2 itu tidak terasa langsung oleh beberapa kalangan anak muda.

Merokok adalah satu faktor yang mempengaruhi ekonomi dan kesehatan setiap perokok. Perokok menengah pada umumnya adalah anak muda yang menghisap satu bungkus rokok setiap hari. Misalnya satu bungkus Rp6000 x 30 hari =Rp180 ribu per tahun. Itu adalah pengeluaran yang mewah bagi anak remaja yang masih meminta uang orangtua.

PENYAKIT AKIBAT ROKOK

Banyak orangmuda yang tak menyadari penyakit yang diakibatkan asap rokok. Kalangan medis dan ilmuwan sudah jelas mengakui bahwa karsinogen asap rokok adalah penyebab penyakit kanker dan kematian. Bahkan kadar racun nikotin yang terdapat pada rokok menimbulkan ketidaktentuan jantung dan juga memasukan zat kimia kedalam sistem pembuluh darah yang disebut CATECOLAMINE.

Penyakit jantung terdapat dua kali lebih banyak pada orang perokok dibandin dengan orang yang tidak perokok. Juga karbonmonoksida pada rokok tersebut menghalagi masuknya oksigen pada jantung yang dapat mengakibatkan serangan jantung yang tiba-tiba.

Apalagi uratnadi pembuluhdarah yang membekali masuknya otot-otot jantung dengan darah telah diendapi penyakit yang disebabkan nikotin dan karbon monoksida dari rokok itu,

Bahkan ada beberapa penyakit jenis kanker yang dapat diderita seorang perokok yakni kanker mulut dan kanker bibir lebih banyak diderita perkokok. Itu disebabkan karena panas dari asap rokok terutama kalau perkok itu menggunakan pipa.

Selain itu, faktor lain penyebab kanker mulut dan kanker bibir dikarenakan adanya ter pada asap rokok yang merupakan zat penyebab kanker. Tidak hanya itu saja, perokok juga dapat menderita penyakit kanker kerongkongan, paru-paru dan usus lima sampai 10 kali lebih cenderung dari yang bukan perokok.

Kadang sebagaian pemuda yang merokok tahu akibatnya tetapi tetap saja melakukannya. Mungkin, sebagian dari mereka berkata pada dirinya sendiri ''Aku ini sudah merokok sejak beberapa tahun lalu, tetapi sampai sekarang tidak juga mendapat penyakit kanker,''

Penelitian mengatakan bahwa kanker paru-paru itu mengambil waktu 20 tahun lamanya untuk mengembang.

MENGHINDARI ROKOK

Banyak kalangan anak muda yang ingin lepas dari pengaruh rokok, tetapi tidak tahu caranya. Sebenarnya, tidak ada cara yang sederhana dan tidak ada obat yang dapat mengatasinya. Jika kamu benar-benar ingin berhenti ada dengan cara sederhanya yakni bulatkan tekad pribadi untuk tidak merokok lagi. Setelah menetapkan waktunya, berkatalah pada diri sendiri bahwa ''MULAI SAAT INI AKU BERHENTI MEROKOK SAMA SEKALI.''

Atas kemauan sendiri mau tentunya hal itu akan berhasil dan ternyata banyak anak muda dan dewasa yang berhasil menghentikan pengaruh buruk rokok pada diri sendiri.

@By Citra Pandiangan

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health