Bila permasalah melanda, beban pikiran terasa berat hingga tak bisa tertahankan lagi. Kesal dan merasa bete berkepanjangan. Wah itu sering kali aku alami. Namun, dalam menyingkapi hal tersebut harus bersikap dewasa dalam memandang aspek kehidupan. Memang tidak mudah, tekanan dalam pekerjaan, pergaulan dan juga persoalan pribadi.

Sepertinya semua masalah mendekati dan merasa diri seperti magnet. Karena masalah silih berganti berdatangan. Marah dan kesal bingung mau dilampiaskan pada siapa? Wah, rasanya beban dipunggung terasa berat. Belum lagi deadline yang harus dikerjakan dan berbagai penjuru --perasaan-- datang menyerang. Tak bisa menangkis atau pun menghindari.

Pengalaman seperti itu sering menimpa diri ku --sebagai manusia biasa-- lumrah kalau aku kadang bersikap egois atau berusaha menumpahkan uneg-uneg kepada orang yang kadang tidak tepat sasaran. Bahkan karena kesalnya, permasalahan yang seharusnya kecil dan tak penting menjadi panjang lebar. Karena perasaan lagi panas dan kesal.

Cukup, menjadi dewasa walaupun usia 'sudah dewasa' sangat sulit. Nobody perfect. Bukan berarti hal itu menjadi dinding untuk menutupi kekesalahan dan kesalahan kita bukan. Karena jurus itu sangat ampuh. Nobody perfect in this world. So, lumrah kalau aku menyalahkan mu dan menyalahkan mu. Setelah itu berbaikan. Namun tetap meninggalkan luka.

Untuk menghadapi persoalan saat dilingkungan tempat kerja, tarik nafas dalam-dalam. Tenangkan pikiran yang kusut, fokus dan konsentrasi. Pentingkan pekerjaan, biar rasa kesal itu hilang. Pegang prinsip 'aku mengerjakan ini bukan untuk manusia, tetapi untuk Tuhan''

Masalah itu masih belum juga hilang dari pikiran. Pulang dengan badan dan hati yang masih kusut. Mandi dengan air dingin dan air panas. Kalau ada sauna di rumah lebih baik. Kalau tak ada tak apa-apa. Mandi air hangat biarkan otot-otot tubuh yang kaku saat bekerja dan pikiran kusut itu turut lemas dan menghilang dengan sendirinya.

Pilih lulur atau salt sower untuk menambahkan suasa menjadi lebih baik. Karena aroma lulur ataupun cream spa bisa membuat pikiran jadi fresh dan beban pun bisa terangkat. Mengoleskan lulur pada tubuh dan tangan sambil merenungkan dan mencoba mencari jawaban dari persoalan.

Setelah selesai mandi, tentunya badan kembali segar. Tak ada salahnya mencoba meminum secangkir coklat panas untuk membuat suasan hati kembali bugar dan segar. Karena coklat, dapat meredakan stres. Dengarkan musik sambil membaca or mengerjakan pekerjaan yang ringan. Setelah itu berdoa, meminta perlindungan dan ketenangan jiwa. Jangan sampai persoalan lewat 1 x 24 jam. Karena itu hanya akan membawa bencana.

Ada baiknya menghindari minuman yang tidak sehat, seperti kopi dan teh. Karena cafein yang terkandung didalamnya memiju emosi semakin meluap. Apalagi tidak baik bagi kesehatan bukan?

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

2 komentar untuk Bila Masalah Datang

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health

  1. Terima kasih tipsnya menarik & perlu dicoba tuh.. Nanti saya coba.

    BalasHapus
  2. to Khoerulumam

    Ya semoga informasinya bermanfaat. Bagaimana hasilnya?

    BalasHapus