Meskipun tinggal di Pulau Bintan --sekedar diketahui Pulau Bintan memiliki tiga pemerintahan dalam satu pulau, yakni Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)-- Kebetulan aku tinggal di Kota Tanjungpinangnya. Walaupun namanya pulau dan dikelilingi laut, uniknya kota Tanjungpinang ini tidak ada pantainya.

Jadi untuk ke pantai ya harus ke Kabupaten Bintan, nah di sana masih ada satu pantai yang bisa dikunjungi warga. Kebetulan memang Kabupaten Bintan memiliki kawasan wisata yang bernama Lagoi, untuk masuk ke sana kalau masyarakat 'biasa' alias tak berkantong tebal agak sulit. Satu-satunya pantai yang bisa dinikmati warga setempat --baik Tanjungpinang dan Kab Bintan-- adalah pantai trikora.

Dari kota yang terkenal dengan sebutan kota gurindam dan negeri pantun tersebut membutuhkan perjalanan kurang lebih 45 kilometer. Kalau naik motor tuh pantat lumayan panas. Kalau naik mobil, ya pasti nyaman donk --gak capek maksudnya xixi-- Namun rasa lelah, segera terbayarkan.

Tidak heran memang pemandangan pantai atau lokasi di sekitar pantai di Pulau Bintan banyak dilirik para investor asing. Karena pemandangannya luar biasa indah. Bukan berlebihan memujinya. Tapi memang begitu adanya, ciptaan Tuhan yang satu ini sungguh menakjubkan. Sayang, kalau di rusak ya. . . Karena itu kita perlu menjaga kelestariannya.

--Ups back to story-- Hamparan air laut yag berwarna kebiruan dan pantulan sinar matahari pada pasir putih yang berhamparan di setiap sudut. Menambah pesona wisata bahari di sana. Tidak hanya itu saja, deburan ombak yang tidak terlalu besar, membuat beberapa pengunjung ke pantai trikora tidak bisa bertahan lama untuk mencoba membahasi diri ataupun sekedar berenang.

Apalagi adanya batu karang --yang sebenarnya menjadi penghalang deburan ombak di bibir pantai-- menambah keindahan alam di pantai trikora. Plus, seperti biasa pohon kepala di pesisir pantai menjadikan pantai tersebut makin terlihat indah dan alami. Apalagi dengan adanya tumbuhan bakau, membuat alam ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Bahkan aktivitas di sana juga sebagian orang digunakan untuk memancing diseputaran batu karang yang menjulang. Sekarang ini, resort di sekitar pantai trikora kian bertambah. Selain menguntungkan pihak swasta ataupun pemerintah. Ini berarti semakin terbatas masyarakat yang bisa menikmati panorama dan bertamasya ke pantai. . .

Harapan satu-satunya masyarakat Tanjungpinang bahwa pemerintah kota Tanjungpinang menghadirkan tempat wisata alternatif agar bisa dinikmati kalangan orang banyak, tidak hanya orang kaya tetapi juga masyarakat ekonomi menengah. Karena Kota Tanjungpinang pada umumnya adalah masyarakat ekonomi menengah. . . Informasi yang kudapat, akan ada dua pulau wisata yang akan dihadirkan di kota Tanjungpinang. --to be continue ya--

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health