Saat ini Indonesia lagi gencar-gencarnya untuk mencerdaskan anak bangsa. Namun ironisnya, harga pendidikan masih sangat mahal. Tidak semua bisa merasakan bangku pendidikan. Masih banyak anak yang harus berjualan untuk mendapatkan makanan.

Sebenarnya, pentingkah pendidikan formal? Atau non formal? Yang saya lihat sendiri, pada saat saya diminta membuat presentation plan mengenai tanah air. Ternyata sangat sedikit bahkan bisa di bilang minus. Tidak ada bahan yang bisa ditemukan untuk dijadikan referensi.


Apakah tanah air? Apakah anak sekarang sudah menghargai dan mengetahui apa itu tanah air? Jika iya? Kenapa masih ada tawuran, perkelahian antar suku dan juga ironisnya antar kampung.

Padahal bila ditilik dari sejarah. Indonesia dijajah berabad-abad dan bisa merdeka karena satu dan tujuan. Mereka, bersatu dan berkumpul dari berbagai pulau di Indonesia. Menyatukan visi dan misi. Sehingga Indonesia bisa merdeka, karena adanya satu kesatuan.

Lalu bagaimana dengan sekarang? Apakah kita masih menghargai jasa pahlawan, baik tanpa nama maupun tokoh sejarah kemerdekaan? Jika kita mengatakan iya?

Lalu, kenapa masih banyak berita mengenai perperangan "saudara". Pendidikan sangat penting tidak hanya pendidikan formal, tetapi juga non formal. Khususnya kembali menanamkan rasa satu kesatuan, moral. Karena itu merupakan kebanggan bangsa Indonesia.

Tanamkan hal tersebut sejak dini. Sehingga penerus bangsa, bisa lebih arif dibanding sebagian penerus yang bertindak anarkis.

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health