April 25, 2013

Bentuk Perlengkapan Alat Pembolong

Hi, pada saat searching informasi mengenai alat untuk pembolong ikat pinggang, ternyata jenis alat ini sangat banyak lho. Gak percaya? Yuk kita intip informasinya

Rupa-rupa Alat Pembolong

holestools by vitarlenology
 Sumber:  vitarlenology on Flickr.
Ini adalah rupa-rupa alat pembolong yang biasa aku pakai sehari-hari. Mari aku jelaskan satu persatu jenis dan kegunaannya.

1. Solder. Biasanya aku menggunakan solder untuk melubangi CD atau benda yang terbuat dari plastik. Cara kerja alat ini adalah dengan dipanaskan menggunakan listrik.

2. Traditional hole punch. Bentuknya seperti paku dengan rongga di tengahnya. Traditional hole punch ini lebih mirip pipa. Diameter lubang disuaikan dengan diameter rongga lubang di bagian bawahnya. Cara menggunakannya seperti memaku dengan menggunakan palu. Kelebihannya, kita bisa membuat lubang dimana saja karena alat ini cukup fleksibel. Biasanya tradisional hole punch digunakan untuk melubangi bahan yang cukup tebal seperti kulit (misalnya sabuk kulit).

3, 4, 5, 6, 7. Awl. Ini adalah jenis-jenis awl atau jarum panjang dan memiliki pegangan. Biasanya awl digunakan untuk melubangi benda-benda yang cukup tebal, sebelum dijahit atau disatukan. Aku biasa menggunakan awl ini untuk membuat lubang di setumpuk kertas sebelum aku menjilidnya biar lebih mudah dalam menjahitnya. Ukuran dan diameter sangat di pengaruhi oleh kebutuhan lubang dan ketebalan.

8. Double hole punch. Alat pembolong ini digunakan untuk membolongi kertas  supaya bisa dimasukkan ke dalam ring binder.

9, 10, 11. Single hole punch. Berbagai macam bentuk single hole punch yang disesuaikan dengan ukuran. Single hole punch no. 9 & 10 biasanya digunakan untuk membolongi kertas, sementara single hole punch no 11, bisa digunakan di bahan yang lebih tebal selain kertas: kulit misalnya.

12. Bor tangan. Ini adalah salah satu bentuk bor yang digunakan secara manual alias bor tangan. Punyaku ini adalah bor tangan ukuran kecil, biasanya aku gunakan untuk melubangi karton tebal dengan ukuran bolong tidak lebih dari 1mm. Memakasi bor listrik, biasanya malah merepotkan karena putarannya terlalu cepat, sementara memakai bor tangan bisa lebih terkendali karena lebih pelan.


Tuh kan ternyata sangat banyak, jadi sudah tahu kan alat mana yang kamu butuhkan untuk melakukan kreasi DIY (Do It Yourself) :)


 
Thanks for Visit Diary Citra | It's about Me, You and Them
Title : Bentuk Perlengkapan Alat Pembolong
Writen By : Citra Pandiangan
Do You like this article: Bentuk Perlengkapan Alat Pembolong Do You want to keep it? You can ask me and I will give it to you. Happy Reading and Hapy Blogging. God bless us

3 komentar:

  1. Helo sist, bisa dicari di tempat yang menjual perlengkapan craft. biasanya di beberapa tempat seperti di kota besar tersedia.

    BalasHapus
  2. Thanks infonya ,smoga slalu lancar

    BalasHapus

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Kota Cinta | Kita Bahagia | diary Citra