Hi, sekarang ini banyak yang mencari rejeki dengan membuka toko online, selain praktis juga menguntungkan. Nah dibawah ini ada beberapa informasi mengenai kreatifitas yang bisa dijadikan pedoman dalam membuat aksesoris lho... Intip yuk....

Alat dan Bahan

Untuk membuat aksesoris handmade dari manik-manik diperlukan alat dan bahan tertentu. Alat dan bahan tersebut cukup mudah untuk didapatkan di beberapa toko aksesoris dan perlengkapannya di beberapa pusat pertokoan/perbelanjaan di Jakarta. Beberapa tempat yang menyediakan aneka alat dan bahan untuk membuat aksesoris yang saya tahu di antaranya adalah Pasar Pagi Mangga Dua, Asemka, Pasar Jatinegara, GEM Rawa Bening, ITC Kuningan. Dan beberapa toko online yang cukup lengkap menyediakan berbagai macam alat dan bahan untuk membuat aksesoris.

Alat dan bahan yang biasa saya gunakan untuk membuat aksesoris handmade antara lain:

1. Tang dan gunting

Gunting ini biasa saya gunakan untuk memotong kawat ketika membuat bros, gelang, kalung, dan aksesoris lainnya. Tang kawat biasa saya gunakan untuk mengencangkan jalinan kawat, membuat bentuk lingkaran di ujung kawat, membuat bentuk-bentuk spiral, dan bentuk-bentuk kreasi lain dari kawat untuk mempercantik tampilan aksesoris, khususnya bros.




2. Lem tembak (glue gun)

Lem tembak ini biasa saya gunakan untuk menempelkan peniti ke sarangan bros. Isi lem tembak memiliki panjang sekitar 20 cm dan pembeliannya kilo-an. Saya membeli lem ini di salah satu toko di basement Pasar Jatinegara.












3. Kawat aksesoris dan tali strech

Kawat ini sifatnya elastis, tidak kaku, dan memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Untuk membuat bros, saya biasa menggunakan kawat 0,3 mm ; 0,4 mm ; dan 0,5 mm. Kawat 0,4 mm digunakan untuk menjalin manik-manik ke dalam sarangan karena cukup kuat dan tidak terlalu kaku. Kawat 0,5 mm biasa saya gunakan untuk membuat bentuk-bentuk spiral. Kawat 0,3 mm sifatnya lentur sekali, mudah dibentuk, dan biasa saya gunakan untuk membuat semacam putik dan ranting-ranting kecil untuk mempercantik tampilan bros.

Ini adalah kawat khusus gelang dengan diameter 5,5 cm (kira-kira sebesar pergelangan tangan). Saya biasa menggunakan kawat ini untuk membuat gelang dengan model 2 tumpuk. Kawat saya potong sebanyak 2x putaran pergelangan tangan dan langsung diisi dengan manik-manik yang diinginkan.






Tali strech ini juga bisa digunakan untuk membuat gelang. Cukup mudah untuk menggunakannya. Potong tali sepanjang pergelangan tangan. Isi tali dengan manik-manik, dan ikat kedua ujungnya kuat-kuat. Bila memungkinkan, sembunyikan buhul ikatan di dalam lubang manik-manik agar tidak terlihat.
                                                 
4. Sarangan bros dan peniti

Sarangan bros memiliki beberapa diameter. Yang biasa saya gunakan adalah yang berdiameter 2,5 cm. Sarangan bros seperti ini akan menghasilkan bros dengan diameter kurang lebih 4,5-5 cm. Tergantung dari banyaknya manik-manik yang kita gunakan.







 5. Head pin

Head pin ini memiliki panjang sekitar 1,5-2 cm. Ada berbagai jenis warna head pin, misalnya warna tembaga, hitam, emas, dan silver. Head pin bentuknya seperti paku.








6. Ring

Ring ini memiliki diameter sekitar 0,5 cm. Ada beberapa jenis warna ring, antara lain hitam, tembaga, emas, dan silver.









7. Pengait untuk kalung dan gelang

Ini adalah magnet pengait untuk gelang dan kalung. Magnet pengait ini cukup sering digunakan karena mudah untuk membuka dan menutupnya.









Pengait kalung dan gelang ini memiliki aneka warna, antara lain perak dan tembaga.










8. Aneka manik-manik

Manik pasir ini tersedia dalam aneka warna yang berwarna warni.









Mote bening kecil warna coklat, biru, hijau terang










Ini adalah mutiara sintetis yang berbentuk bulat dan lonjong. Mutiara sintetis bulat memiliki beberapa ukuran, antara lain ukuran 6, 8, dan 12.








Ini adalah mutiara jeruk ukuran 8










Ini adalah kristal bulat dan lonjong aneka warna










Mote kerang gigi










Manik akrilik aneka warna dan bentuk, antara lain manik kaca lonjong kuning dan manik kaca lonjong putih ukuran 8, manik plastik bulat warna-warni, dan mote daun.







Manik plastik bulat warna-warni, mote kristal coklat, mote kristal lonjong hijau.









Aneka batu alam (natural stone) berbagai warna dan bentuk.











Alat dan bahan Sulam Benang
  • Jarum; untuk sulam benang gunakan jarum yang ujungnya tajam dan memiliki lubang benang sesuai dengan benang yang digunakan
  • Karbon; untuk menjiplak gambar di atas bahan
  • Gunting
  • Jarum Pentul; untuk menahan agar pola tidak bergeser saat dijiplak
  • Ram/pemidangan; digunakan agar hasul sulaman tidak berkerut
  • Alat tulis; untuk menandai pola pada bahan
  • Benang sulam; yang digunakan adalah benang katun. Benang ini memiliki ratusan warna. Tiap helai memiliki 6 helai yang halus
  • Bahan; jenis bahan yang mudah untuk disulam adalah jenis katun

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health