Bahan Membuat Kue Cenil :
Tepung kanji 250 gr
Garam halus 1/2 sdt
Air mendidih 125 ml
Bahan Taburan Kue Cenil:
Kelapa 1/2 btr dikupas dan diparut panjang, lalu di kukus
Pewarna makanan (merah dan hijau) secukupnya
Gula pasir 100 gr
Daun pandan 1 lbr

Cara Membuat Kue Cenil :
  • Langkah pertama, membuat taburan : kukus kelapa parut beserta daun pandan, dan garam selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu angkat dan sisihkan.
  • Langkah kedua, ambil 1 sendok makan tepung kanji, kemudian cairkan dengan 2 sendok makan air dingin. Setelah itu tuangkan ke dalam 125 ml air yang mendidih, lalu aduk hingga terlihat kental.
  • Langkah ketiga, masukkan sisa tepung kanji perlahan sedikit demi sedikit, kemudian aduk rata, lalu uleni sampai adonan dapat dibentuk, setelah itu bagi adonan menjadi 3 bagian.
  • Selanjutnya, beri masing-masing adonan pewarna kue berwarna merah dan hijau, dan biarkan adonan yang satunya tanpa pewarna, kemudian bentuk tiap adonan menjadi berbentuk bulat panjang atau sebesar jari kelingking, setelah itu sisihkan.
  • Terakhir, didihkan air, kemudian rebus adonan yang sudah dibentuk tadi hingga terlihat mengapung dan matang. Setelah itu angkat, gulingkan dalam kelapa parut, taburi dengan gula pasir, lalu kue cenil buatan anda pun siap untuk disajikan.


Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health