Hidup Sehat Bebas Stres dan Langsing Maksimal



 “Aku ingin hidup seribu tahun lagi” Kata-kata hidup seribu tahun lagi apakah mungkin di zaman seperti ini? Tetapi ya, aku ingin hidup lebih lama dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Karena itu, aku harus mengubah gaya hidup yang tidak sehat. Walaupun sulit untuk dilakukan, tetapi tidak ada salahnya mencoba untuk kembali menjadi sehat. Dalam tajuk 1healthresolution, tema ini membuatku terus berpikir dan berpikir, merenungkan rencana sehatku tahun 2014 yang tertunda hingga pertengahan september 2015. Rencana sudah matang dibuat, tetapi karena kesibukan rencana tinggalah rencana saja.


Kali ini, aku tidak mau demikian adanya. Aku menginginkan hidup sehat, bebas stres, dan langsing. Badanku saja sudah bertambah gendut, lantaran jarang berolahraga sejak pindah ke Tanjungpinang dari Jakarta. Makan teratur plus cemilan manis buatan mama membuat badan cepat sekali naiknya tanpa disadari, bahkan baju kesayangan ada beberapa yang tidak bisa dikenakan lagi. Sedih dan kecewa dengan keadaan badan ini. Selera makan yang bertambah juga bisa disebabkan karena beberapa faktor antara lain, kurang tidur dan stres.

Baiklah ini ada lima cara langkahku untuk hidup sehat lagi. 1healthresolution untuk Citra Pandiangan dalam waktu dekat dan jangka panjang. Hidup sehat dan langsing adalah impianku sejak dulu tanpa tersiksa secara berlebih. Resolusi sehatku:

1. Mengurangi Stres

Manusia hidup tidak terlepas dari stres. Faktor stres bisa disebabkan dari tekanan pekerjaan dari kantor, permasalahan keuangan, persoalan personal, kematian dari orang yang dikasihi, dan juga hubungan sosial. Hal ini benar-benar aku rasakan, mulai dari kehilangan papa di bulan Juni 2015 lalu, sampai sekarang terasa berat dan tidak percaya. Rasa sedih itu masih ada hingga kini, walaupun aku menyembunyikan dari keluarga. Tetapi rasa kehilangan ini tidak bisa kupungkiri lagi.

Tekanan dari uang tabungan yang tidak bertambah malah berkurang. Padahal dalam waktu dekat akan merencanakan menerbitkan self publisher buku, berlibur bersama teman-teman. Hubungan sosial antara teman yang mulai klimaks ketegangannya, meskipun tidak semua tetapi hal ini benar-benar membuatku terasa berat. What’s wrong with these all people! Pekerjaan yang tiap kali semakin banyak dan selalu kena compain dengan mama, karena memang tidak menyukai dengan pekerjaan rumah tangga. Persoalan pribadi yang juga banyak dialami belakangan ini, tuntutan perhatian dari teman, keluarga membuatku stres.

Resolusi Sehatku menghindari stres:
Menerima kepergian papa dengan iklas, menangis tengah malam karena sepi dan kangen tidak masalah. Masa bodoh dengan ‘gosip’ yang disebarkan teman-teman, karena hidup terlalu berharga jika hanya berputar pada mereka saja. Mengatur keuangan dengan baik, memprioritaskan yang penting, liburan bisa ditunda terlebih dahulu. Mengutamakan mengejar mimpi lebih dahulu, karena sudah 70 persen siap.

2. Tidur cukup dan mengurangi bergadang

Kurang tidur memang tidak baik bagi kesehatan, itu aku rasakan benar-benar menyebalkan. Siang hari bisa datang tiba-tiba rasa kantuk menyerang. Hal itu karena kurang tidur dan kebanyakan bergadang di malam hari. Padahal tidur itu baiknya sebelum jam 10.00 malam tetapi karena kesibukan bekerja atau menulis membuatku lebih senang bergadang sambil makan cemilan manis.

Resolusi Sehatku Tidur 8 Jam semalam
Tidur cukup dan mengurangi bergadang, memang hal ini sangat sulit. Pasalnya, jadi seperti insomnia. Susah untuk tidur apalagi jika jam sudah menunjukan midnight. Jadi, mulai hari ini aku usahakan tidur paling lambat dibawah jam 11.00 malam. Kebiasaan susah tidurku terkadang parah banget, apalagi jika sedang stres atau banyak pikiran. Tapi, musik ombak yang menangkanku, ruangan yang gelap total dan mematikan gadget maupun smart phoneku menjadikan susah tidurku jadi tidak lagi membandel. Tidur cukup dan mengurangi bergadang jika tidak urgent adalah resolusi sehatku tahap kedua.  


3. Olahraga Rutin

Tubuh tidak ada olahraga malah membuat lemak makin bertumpuk. Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Bicara memang mudah daripada melakukannya. Jadi, ini dia…

Resolusi sehatku Olahraga Rutin Seminggu 2-3 kali
Kebetulan adik dan mama lagi demam untuk menjaga kesehatan badan, jadi olahraga seminggu dua sampai tiga kali akan menjaga kebugaraan kami. Olaraga yang aku lakukan badminton dan jogging. Seger dan sehat


4. Makanan dan Minuman sehat



Makan sehari tiga kali dan minum kopi agar tidak mengantuk, duh jadi tidak sehat kan? Makan teratur memang baik, tetapi jika porsi makan tidak dijaga. Neh aja badan yang tadinya dibawah 48 kilo gram jadi lebih dari 51+ kilogram sedih banget kan?

Resolusi sehatku: Tidak memakan banyak, tidak lagi meminum kopi karena kafeinnya tidak baik bagi kesehatan tubuhku dan kebanyakan minum kopi jadi membuatku susah tidur kalau malam. So, NO COFFEE and Kurangi Makan plus perbanyak minum air putih dibanding minuman manis. Terakhir makan buah lebih banyak.


5. Bye Bye nasi sampai badan kembali kurus

Tidak makan nasi? Teman-temanku pernah terkaget-kaget tetapi ini berhasil. Hanya berlangsung selama satu tahun, berat badanku turun sehat dan kulit tetap sehat. Mau tau bagaimana? Lain kali saja ya, soalnya wordsnya sudah banyak neh.

Resolusi sehat tahap kelima, tidak makan nasi sebagai menu utama, melainkan menggantinya dari ubi-ubian dan aku percaya rencana resolusi sehatku ini akan berhasil dan saat menikah nanti badanku akan terlihat sehat, segar, cantik dan langsing.

Aku peduli pada kesehatan, kecantikan karena semua itu adalah anugrah yang harus tetap dijaga hingga tua. Sehat dan langsing siapa yang tidak mau? Ini adalah lima cara resolusi sehatku kedepan.


Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health