September 04, 2015

Donat Makanan Segala Umur


Fashion & Food

Makanan dan fashion tidak bisa dipisahkan, sejalan dengan perkembangan zaman. Donat tidak hanya memiliki satu toping saja, melainkan memiliki beragam kreasi unik. Bahkan ukuran donat tidak melulu besar dan memiliki lubang di tengahnya. Karena itu sekarang ini Fashion dan Food tidak bisa dipisahkan, semuanya memiliki selera style yang bisa dibilang sama. Selalu memberikan inovasi terbaru dalam gaya, cita rasa dan bentuk.


Apalagi makanan manis ini, donat merupakan makanan yang bisa dikonsumsi segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa, siapa yang tidak suka donat? Makanan manis yang mengoda selera. Apalagi dengan bentuk-bentuk yang unik dan cita rasa yang menarik, pastinya let’s eating them so badly. Taukah kamu, bahwa donat adalah makanan yang bisa dijumpai hampir di seluruh dunia dengan beragam bentuk. Donat tidaklah mesti makanan bulat yang memiliki lubang di tengah.




Sekilas Info Tentang Donat

Donat dalam bahasa Inggris disebut doughnuts atau donut. Donat menurut wikipedia adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan memiliki lubang di tengah.  Donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, dari jenis selai, jelly, krim, dan custard.


Bahkan kabarnya, donat pertama kali dibuat oleh Belanda yang dibawa ke Amerika. Bahkan desas-desus lainnya, donat original adalah donat yang berbentuk cincin yang dikreasikan pria asal Denmark yang merupakan kapten kapal. Pria itu bernama Hanson Gregory.



Style Donat Masa Kini
Beragam  donat kini hadir di setiap negara dengan keunikannya sendiri. Pernahkah membayangkan memakan donat dalam bentuk voodoo. Nah, donat dengan style voodoo ini bisa didapatkan di Portland, Oregan di Amerika. Dimana donat ini berbentuk voodoo, pasti seram ya memakan donat yang berbentuk freak seperti itu. Meskipun bentuknya seperti manusia “hantu” (boneka voodooo) tetapi donat ini juga dihiasai toping dengan rasa raspberry dan juga coklat.


Donat yang paling menarik adalah donat yang topingnya dibentuk seperti kehidupan laut. Aduh, pasti indah bange ya? Bisa donk dibayangkan semua toping bernuansa biru dengan pepohonan, pasti menawan hati. Nah, donat ini adanya di Virginia. O’Doddle Doo’s ini memiliki lebih dari 300 dekorasi toping yang menarik. Salah satunya adalalah kehidupan pantai.


Oh ya berbicara donat dari berbagai negara atau dunia. Bentuk donat tidak harus bulat lho atau berbentuk seperti cincin. Emmmm koq bisa? Kita intip yuk, donat dari negara Italia. Di negara asal Pasta ini donat terkenal dengan nama Zeppole, bentuk donatnya kurang lebih hampir sama juga koq dengan indonesia. Perbedaannya hanya terdapat pada cara membentuk donat. Kalau donat di Indonesia berbentuknya bundar dengan ada lubang ditengahnya. Donat Italia ini dibentuk seperti jalinan tali bulat dan biasanya disajikan dengan gula halus dan juga custard plus ditengah lubang diberikan dekorasi buah ceri biar semakin stylist begitu.


Style Donat di Indonesia
Indonesia juga tidak mau kalah dengan negara lain. Seriing dengan perkembangan waktu, donat di Indonesia juga menciptakan bentuk-bentuk yang unik dan juga dengan ukuran yang mini. Bentuknya sih sama masih bulat hanya saja sekarang topingnya dibuat semanarik mungkin. Pastinya seru donk, bagi penggemar kartun. Toping donat juga bisa menyerupai kartun yang lagi trend. Seru kan? Kuliner Indonesia juga tidak kalah seru dengan menampilkan berbagai macam kreasi dan dekorasi toping dari donat itu sendiri.


Tau dimana lokasi donat unik ini di Indonesia? Bisa kabari aku ya di email atau di komen blog diary citra ini. Supaya bisa direview restaurant maupun café donat yang ada. Emmm, I love eating sweet food with the cute decoration make me more love culinary and hunting food.


Buat Donat Yuk? Di Resep Donat

Bahan Untuk Membuat Donat Kentang Mini Spesial :

        1/4 Kilo Gula pasir
        1 Kg Tepung Terigu  
        1 kg kentang rebus Yang sudah Dihaluskan
        4 butir Telur Ayam
        1/4 Kilo Mentega
        1/4 Kg Meises 
        2 Bungkus Super GS Donat Spesial
        1 Sachet Susu Kental Manis Instan
        500 Ml Minyak Goreng

Bahan Tambahan Sesuai Selera :

    Meises Seres ( Untuk taburan diatas Donat Mini )
    Keju untuk toping taburan

Cara Membuat Donat Kentang Tanpa Ragi Tanpa Oven :

Bahan donat kentang mini dimasukan ke dalam wadah. Lalu diuleni tanpa menggunakan air. Kemudian, campur adonan donat kentang mini tanpa air. Lalu aduk sampai adonan tercampur rata. Saat melakukan itu, tekan-tekan adonan selama kurang lebih 15 Menitan sampai adonan tercampur, terasa halus , kalis dan Licin.

Setelah adonan dirasa kalis dan kenyal. Tutup dengan kain basah pada bagian atasnya dan diamkan adonan kentang hingga mengembang. Proses pengembangan adonan itu biasa membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. 

Setelah adonan didiamkan selama 15 menit, bentuk adonan sesuai dengan ukuran yang diiginkan. Bila sudah dipilah-pilah ukuran donat sesuai dengan selera, baru donat dibentuk. Bentuk sesuai dengan selera, bisa digunakan secara manual atau menggunakan alat. 

Begitu adonan sudah dibentuk sesuai dengan selera, diamkan kembali selama kurang lebih 30 menit. Rada lebih lama dibanding sebelumnya, kemudian adonan sudah siap untuk digoreng. Panaskan terlebih dahulu minyak ya, kemudian goreng deh donat buatan sendiri ini sampai warna kuning kecokelatan. Angkat dan sisihkan deh.

Masih dalam keadaan hangat, Oleskan topping donat (bisa pakai coklat, mentega, margarin, butter atau room butter sesuai selera anda) di bagian atas donat secara merata. Lalu beri taburan Meises Seres Coklat (atau bisa gunakan kacang Almond atau yang lainnya sesuai selera anda)

    Selamat, Donat Kentang Mini kini sudah jadi. Anda bisa menyajikan kue donat ini.


Bisnis Donat Bisa?
Susah mencari pekerjaan? Kenapa tidak membuat peluang pekerjaan saja? Karena sudah banyak wirausaha kecil menjadi besar. Apalagi jika kamu memang menyukai dunia memasak khususnya pembuatan bakery, pastinya tidak susah donk? Berkreasi dan membuatnya unik pasti akan menjadi ciri khas tersendiri bagi usahamu.

Membuat usaha tidak membutuhkan modal besar, asalkan pandai melihat peluang di daerahmu. Apalagi jika kamu berada di daerah terpencil (Desa) yang jauh dari dunia luar. Maksudnya perkotaan, pastinya donat mini kreasimu akan memberikan angin segar bagi daerahmu. Siapa tahu usaha kuliner kecil-kecilan bisa jadi TOP di daerah mu? Asal pandai melihat peluang dan jeli menangkap kesempatan kenapa tidak?

Hidup adalah Sebuah Pilihan
Pilih yang terbaik untuk jalan hidupmu
Maka kamu akan menemukan yang terbaik
Tidak ada kata menyerah untuk hidup
@Citrapandiangan 


 sumber :
magazine.foxnews, Wikipedia, majalah kuliner,

Tag :
Bentuk donat 
Resep donat mini
Toping donat berbagai macam
Donat original
Usaha Donat
Sejarah donat
Kreasi donat mini dengan beragam toping

Thanks for Visit Diary Citra | It's about Me, You and Them
Title : Donat Makanan Segala Umur
Writen By : Citra Pandiangan
Do You like this article: Donat Makanan Segala Umur Do You want to keep it? You can ask me and I will give it to you. Happy Reading and Hapy Blogging. God bless us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Kota Cinta | Kita Bahagia | diary Citra