Merasa ngantuk dan lelah, padahal jam baru menunjukan pukul 10, 11, jam 1 siang. Karena merasa mengantuk, jadi tidak bisa konsentrasi bekerja? Banyak hal yang membuat tidur malam terganggu atau kurang tidur karena bergadang. Tentunya readers memiliki beragam alasan untuk hal satu ini. Namun yang pasti karena merasa mengantuk, pikiran jadi kacau, tidak bisanya konsentrasi, mata dipaksa untuk dibuka, berdampak sakit kepala juga.


STOP! Jangan dipaksakan, karena pekerjaan juga tidak maksimal. Otak juga tidak bisa konsentrasi. Cari ruang yang sepi dan tidur sebentar (NAP). Tidur hanya 10-15 menit, asal nyenyak, bisa mengembalikan kebugaran seperti tidur cukup di malam hari selama 7-8 jam. Karena itu, di beberapa negara seperti di Jepang, ada tempat untuk istirahat alias NAP. Jadi kenapa tidak, cari waktu untuk tidur sejenak.

Tidak bisa dipungkiri tidak semua orang gampang sekali tertidur, apalagi jika tidak di tempat tidur atau di tempat “private” tetapi kalau urgent kenapa tidak. Cari tempat yang tersembunyi, jika mata sudah berat. Dimana saja pasti bisa tidur, jika “dipaksa” tidur. Jangan lupa untuk setel alarm 10-15 menit.Berapa lama waktu tidur siang yang baik? Waktu ideal yang baik untuk tidur siang setiap orang berbeda. Tetapi biasanya 10-20 menit adalah rekomendasi umum untuk memulihkan kekuatan.

Keuntungan dari tidur singa adalah Meningkatkan kewaspadaan. Ketika kelopak mata readers terlalu berat untuk tetap membuka, readers tidak bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Butuh waktu untuk tidur siang dan kemudian kembali bekerja. Berdasarkan studi NASA menemukan bahwa 40 menit tidur siang meningkatkan kewaspadaan sampai 100 %. Penelitian lain telah menemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada mengkonsumsi 200 mg kafein.

Tidur siang juga meningkatkan retensi memori Anda ; saat tidur , kenangan terakhir yang ditransfer ke neokorteks , di mana kenangan jangka panjang yang dipadatkan dan disimpan. Selain itu Meningkatkan kesehatan. Kurang tidur menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres, membantu readers berurusan dengan melawan respon. Tapi kelebihan kortisol meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh , sudah saatnya memori dan pembelajaran, dan mengurangi tingkat hormon pertumbuhan dan testosteron dalam tubuh kita . Ini efek merusak dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung .

Ketika tidur, readers melepaskan hormon pertumbuhan, penawar kortisol yang yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bilangan prima fungsi seksual readers, mengurangi stres dan kecemasan, dan membantu dalam perbaikan otot dan penurunan berat badan. Tidur siang memberikan kesempatan otak untuk beristirahat dan kesempatan tubuh untuk menyembuhkan. Setelah bangun, pasti tubuh terasa segar. Bila pada saat readers NAP benar-benar tidur lelap. Jadi semangat lagi deh bekerja, pekerjaan jadi tidak terbengkalai. Karena rasa mengantuk sudah hilang. Selamat bekerja, tetap semangat di bulan April penuh semangat

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

2 komentar untuk NAP yuk 10 Menit Recover Body

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health

  1. susah nih tidur berkualitas hehe... gagal fokus termasuk tidur. Tapi kudu kayaknya biar kesehatan terjaga ya, Mbak :)

    BalasHapus
  2. Bener banget mbak, tidur juga harus dijaga hahah biar nggak gagal fokus seperti iklan Aqua

    BalasHapus