Hi kembali lagi neh diary citra membuat tutorial. Kali ini sederhana banget, setelah sebelumnya kita membahas mengenai bagaimana membuat blog di blogger (baca juga artikel: cara membuat blog). Kemudian mengganti themes dan menambahkan beberapa aksesoris untuk mempercantik tampilan. (baca juga artikel: cara mengatur tata letak disini) Kali ini, masih membahas topik yang sederhana yakni komen.


Ada beberapa yang menanyakan via mail, bagaimana ya agar komen di moderasi atau diubah tulisannya biar berbeda dengan yang lain? Sebenarnya, banyak banget tutorial yang bergentayangan di blog hehehe. Mank “ghost” bergentayangan lol. Baiklah, back to topic yuk readers.

Pertama sudah pasti, wajib sign in dulu ya ke blogger.com dengan memasukan username dan password. Lalu pilih SETTING. Kemudian tahap selanjutnya, cari post and comment –maaf kalau bahasa indonesianya pasti kurang lebih sama ya- Setelah readers mengklik tersebut maka tampilannya akan nampak seperti dibawah ini:



Disitu ada beberap option maksudnya pilihan seperti

  • Comment Location 
  • Who can comment 
  • Comment Moderation 
  • show  verification 
  • Comment From Message


Yuk readers kita bahasa satu per satu biar mudah dan gampang untuk disimak eh dipelajarin secara mandiri hehe....

Pertama, comment location, nah disinia da beberapa pilihan. Kalau diary citra memilih pop-up window jadi saat menulis komen bakal akan muncul kotak kecil gitu. Nah, kalau readers yang mana?

Kedua, Who can comment maksudnya siapa saja yang dapat comment. Readers bisa pilih mau yang mana? anyone, registered user, user with google accounts, atau only members of this blog. Kalau diary citra sendiri lebih memilih anyone, jadi siapa saja yang membaca dan berminat meninggalkan komentar dipersilahkan dengan senang hati, asalkan tidak memberikan link hidup ke dalam komentar karena akan dihapus gitu.

Karena itu, diary citra lebih menyukai memberikan moderasi komentar pada pesan komen di blog citra. Cara mengaktifkan comment Moderation ini sangat gampang lho. Sangking gampangnya, banyak yang menanyakan. Caranya tinggal pilih always.

Lalu ada show verification. Jadi ada beberapa komentar yang mau dimasukan dalam artikel ada code verifikasi, ini sangat menganggu. Jadi, aku tidak mengaktifkan. Karena beberapa pakar blog terkenal juga tidak mau mempersulit orang yang ingin komen di blog mereka, kalau readers bagaimana?


Comment From Message disini disediakan kolom. nah, readers tinggal mengisinya sesuai dengan keinginan. gampang kan? Baca saja, tulisan comen yang diary citra punya. Seru dan mudahkan readers? Selamat mencoba dan happy blogging.

Salam kreatif dan berkarya
 

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

1 komentar untuk Cara Membuat Komentar dalam Blog

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health