Sudah lama juga ya tidak membuat tutorial belajar blog. Soalnya, lagi menyibukan diri hihihi, sampai-sampai mbak wahyu di PHP-in mulu, maaf ya mbak hihihi. Baiklah, di bulan Juni yang damai ini, aku ingin berbagi sedikit trik singkat dan sederhana. Kenapa, kadang blog diary citra dan citra pandiangan ini selalu update, padahal pemiliknya jarang buka laptop, maksudnya online di blogger....


Ssstss rahasia ya, terkadang saat ada waktu luang, memang di khususkan untuk menulis spesial untuk blog dan terupate tiap waktu dan berdasarkan jadwal yang sudah direncanakan. Jadi, saat melihat ada update-an di pagi hari, padahal pemiliknya jauh banget dari depan laptop hihihi, semua itu karena jadwal yang sudah dibuat.

Mau tahu caranya sehingga blog senantiasa update tanpa harus tiap hari on terus di blog. Yuk, simak dibawah ini.

Cara Membuat dan Mengatur Jadwal Posting Otomatis di blogger

  Dengan fitur ini readers mendapatkan  kemudahan untuk membuat postingan dengan terjadwal sesuai keinginan readers. Jangan membayangkan susah, karena mudah banget dalam penerapan ini. 


  • #Buka New Post atau entri baru 
  • #Tulislah postingan baru


Kemudian, Lihat menu pada bagian samping kanan Post Settings, Lihat saja gambar dibawah ini ya readers. 



 Setelah itu, silahkan pilih jadwal atau Schedule. Lalu jangan lupa untuk memasukan tanggal dan waktu (Set date and time). Jika sudah memilih tanggal dan jam postingan kemudian, tekan ok dan setelah itu jangan lupa tekan publish. Sebelumnya check dan recheck sudah benar belum artikelnya. Kalau sudah, readers akan kembali ke halaman posting dan akan melihat artikel tersebut sudah terjadwal untuk terbit. 



Nah, sekarang ini kita lanjutkan dengan Cara Membuat Link atau Tautan Antar Halaman Di Blogspot. Sebenarnya sangat mudah, tetapi bagi pemula dan tidak memiliki pengajar tentu akan bingung. Jadi, tidak ada salahnya berbagi deh.

 Berdasarkan arahnya link / tautan terdiri atas dua jenis yakni Link Internal: Link yang menghubungkan  satu halaman  dengan halaman artikel lainnya yang masih dalam satu blog. Sedangkan menambahkan Link External, maksudnya adalah Link yang menghubungkan antara satu halaman artikel dengan halaman artikel lainnya yang berlainan blog.

  Cara menambahkan link tersebut dengan   Membuat Link Blogspot dengan Tombol Link Perhatikan gambar di bawah ini


Saat berada di layar entri blog, ada tombol "Link" yang dapat readers pergunakan untuk memudahkan membuat link blogspot. Apabila readers ingin menambahkan link caranya dengan mengcopy alamat link yang berwarna biru di atas kemudian paste kan di kolom  web address. Sedangkan pada  kolom lain, tuliskan teks yang ingin ditampilkan.  Oh iya, jangan lupa centang "open this link in a new window" Jika reader menginginkan saat membuat link akan terbuka tab baru, Kemudian centang juga kolom attribute jika link yang dibuat menuju halaman blog lain, Dan biarkan saja jika link tersebut menuju halaman lain di blog yang sama.

Sangat mudahkan hari ini double tutorial, semoga bermanfaat dan sukses selalu. Bagi readers adalah blogger pemula, jangan sungkan untuk bertanya dan mudahan saja bila ada waktu dan kesempatan pasti dibantu...

Salam


Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

2 komentar untuk Tutorial: Menambah Tautan dan Jadwal Post

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health

  1. Tengkyu banget Mbak Citra... ough... aku dah pingin cepet2 nyobain. Jadi kudu punya stok banyak dulu ya, lalu post2 gitu, nanti nongol sendiri. Duweh, bener2 baru kutahu.

    Ilmu yang luar biasa. Dan pasti nanti aku akan banyak bertanya again, again and again hehe :)

    Kece kece... nggak sabar mo nulis buanyak and praktekin tutorialnya. Tapi musti ambil raport dulu.

    Makasih sebesar gunung ya Mbak :) Semangat pagiii...

    BalasHapus
  2. terimakasih tipsnya Mba, jadi tahu bagaimana cara membuat postingan terjadwal :)

    BalasHapus