Entah kenapa aku jadi ke pikiran mengenai sukses itu apa? Apakah sukses itu menggambarkan seseorang yang memiliki banyak rumah, pekerjaan berdasi ataukah memiliki mobil mewah.



Banyak orang beranggapan sukses itu memiliki pekerjaan bagus, rumah mewah, mobil terbaru dan bisa shopping barang-barang bermerek. Aku jadi teringat sebuah kisah yang aku baca dari sebuah buku mengenai nelayan meksiko.



Disebuah desa nelayan meksiko yang tenteram, seorang Amerika, profesor sukses di sebuah perguruan tinggi bergengsi di Amerika Serikat tidak tahan untuk tidak memberikan sedikit nasehat gratis. Saat ia melihat seorang nelayan pulang melaut pagi hari.



Si profesor pun menyapa dan mempertanyakan kenapa sudah pulang dari melaut.



Lalu jawab si nelayan, "saya sudah cukup mendapat ikan. Cukup untuk memberi makan keluarga dan sedikit kelebihannya unruk dijual. Saya bisa makan siang bersama ustri dan setelah istirahat saya akan bermain bersama-sama anak dan malamnya saya pergi ke kedai meneguk tequila dan bermain gitar bersama teman-teman. Itu sudah cukup bagi saya."



Lalu si profesor itu pun menjawab, "dengarkan kawan, jika kamu tetap melaut sampai sore, dengan mudah kamu akan menangkan 2x lebih banyak dan kamu bisa menjual kelebihannya untuk ditabung dan dalam waktu 6 sampai 9 bulan kedepan, kamu bisa membeli satu perahu yang lebih besar dan menggaji beberapa awak. Lalu, hasil tangkapan akan menjadi 4x lipat. Begitu seterusnya dan kamu akan menjadi pengusaha sukses.



Pada beberapa tahun kedepan kamu bisa menjadi jutawan dan memiliki banyak pekerja. Si nelayan ini pun mendengar dengan seksama. Lalu si nelayan iru pun bertanya,"tetapi profesor apa yang bisa saya lakukan dengan berjuta-juta dolar itu?"


Yang mengejutkan si profesor Amerika itu belum memikirkan rencana bisnisnya sejauh itu. Jadi, dengan segera dia mereka-reka apa yang bisa dilakukan seseorang dengan jutaan dolarnya.



"Dengan semua duit itu, kamu bisa pensiun seumur hidup. Kamu bisa membeli sebuah vila kecil di sebuah desa nelayan yang indah dan membeli sebuah perahu untuk memancing pada pagi hari dan makan suang dengan istrimu. Tidur siang tanpa perlu menguatirkan apapun. Sorenya kamu bisa melewatkan saat-saat berkualitas drngan anakmu fan setelah makan malam, bermain gitar bersama-sama dengan teman-temanmu.



Lalu jawab si nelayan, tetapi profesor saua kan sudah bisa begitu.


Nah, sukses dalam arti sebenarnya bukan lah menjadi kaya raya, baru bisa menikmatin hidup. Sukses adalah dimana kita bisa membagi waktu antara bekerja, bersama keluarga dan juga mengimbanginya dengan kerohanian kita. Nah, menurut kamu, apa sukses itu?

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health