#Jelajah Waktu

Beberapa waktu lalu, saya iseng-iseng melihat berbagai tweet mengenai lomba tulisan, meskipun banyak banget orang yang menyelenggarakan tulisan tetapi aku juga harus selective dalam mengikuti lomba. Harus hati-hati, bukan karena tidak akan menang dan kecewa. Salah seorang teman lamaku mengatakan kepadaku bahwa mengikuti contest writing | lomba menulis sangat rugi sebenarnya. Begitu kata seorang teman yang notabennya penulis dari Kanada. Hal itu karena dia mengungkapkan beberapa alasan.

Ini pemikiran dari temanku itu:
Image result for writing quotes

1. Penentuan pemenang berdasarkan keputusan juri, dalam arti apakah jurinya berkompeten dalam memilih? memiliki latar belakang yang sama atau tidak
2. Menghabiskan waktu untuk melakukan penelitian, padahal waktu yang digunakan bisa digunakan untuk keperluan lain seperti misalnya melakukan penelitian untuk kepentingan pribadi bukan lomba.
3. Keterbatasan kosa kata karena mereka telah menentukan kata kunci yang harus diutamakan
4. Kita membantu mempromosikannya secara gratis, menang atau kalah kita telah membantu pencintraannya.
5. Selebihnya aku lupa apa saja yang dibilang temanku.

Dari segi pemikiranku belakangan ini, yang kebetulan lagi kecanduan demam ikutan lomba menulis. Hampir 50 persen apa yang dipikirkan temanku itu ada benarnya juga. Tapi dibalik itu juga aku berpikir seperti ini.
  1. Belajar menulis sesuai dengan tema dan pesyaratan yang ditentukan. Berarti melatih kita untuk menulis dibatasi dalam ruang kata dan tidak bertele-tele dalam menulis
  2. Melatih kita untuk terus aktif menulis dari berbagai bidang tulisan jadi pengetahuan juga bertambah
  3. Membuat tulisan kita banyak dibaca orang. karena secara tidak langsung para pesaing pasti juga akan melirik tulisan kita untuk dibandingkan dengan tulisan mereka.
  4. Lebih giat lagi mencari tahu bagaimana untuk bisa mendapatkan peringkat nomor satu di google search. Belajar dan belajar membuka wawasan baru bagi kita.
  5. Menang hanyalah reward atau keberuntungan belaka, karena masih banyak penulis-penulis hebat yang berkeliaran juga
  6. Kalah bukan berarti tulisan kamu memang tidak layak masuk katagori pemenang tetapi mempelajari kembali point-point kenapa bisa kalah.
  7. Mesti hati-hati dalam mengikuti kuis, atau lomba menulis karena banyak penipuan yang mengatas namakan lomba menulis
Image result for writing quotes for kidsOkey kenapa aku menambahkan poin ke tujuh itu masuk ke dalam opiniku. Aku melihat banyak penyelengara mengadakan acara lomba menulis tetapi tidak professional. Baiklah, aku tidak perlu menyebutkan penyelengara siapa atau produk yang mana. Yang jelas kesiapan dari manajemen haruslah maksimal, bukankah peserta sudah berusaha semaksimal mungkin meluangkan waktu, pemikiran dan tenaganya untuk menulis. Menang dan kalah adalah urusan belakang, tetapi ketepatan waktu pengumuman pemenang haruslah tepat waktu.

Meskipun ternyata pesertanya membludak dan membutuhkan ekstra waktu untuk mengumumkan siapa pemenangnya. Setidaknya pihak manajemen harus memberitahukan alasan atau pun notabennya kenapa sampai detik ini masih belum diumumkan siapa pemenangnya. Sehingga peserta merasa senang dan menanti dengan tidak sabaran. Tentunya itu juga merupakan nilai positif bagi penyelenggara event atau pihak manajemen. Pasalnya, bakal banyak peserta yang membuka web atau pun melihat tweet untuk sekedar mencari tahu apakah sudah ada pengumumannya. Jika tidak, meskipun ada yang melihat tweet tetapi pasti memberikan komen yang jelek. Tidak maukan karena masalah seperti ini nama jadi jelek seumur hidup. 

Tips bagi pecinta lomba menulis


Image result for writing quotes for kidsPilihlah penyelenggara event atau manajemen yang betul-betul bisa dipercaya dan professional. Misalnya saja, jelajah gizi, pihak ini sudah menyelenggarakan kegiatan serupa selama tiga tahun berturt-turut dan komen yang diberikan peserta sangatlah bagus. 

Meskipun memberikan gift away tidak besar tetapi untuk melatih tidak ada masalahnya mengikuti kegiatan lomba seperti ini, tetapi dilihat dulu apakah kegiatan ini bisa dipercaya dan tulisan anda benar-benar dinilai atau pihak manajemen hanya mengadakan kegiatan itu untuk meningkatkan traffic pengunjungnya saja.

Image result for writing quotes for kidsKebetulan tahun depan aku juga mau mencoba membuat lomba dan memberikan gift away kepada peserta yang beruntung. Sekali-kali berbuat baik tidak ada salahnya juga. Tetapi nanti, karena tahun ini lagi paceklik alias pengeluaran lebih banyak dibanding pemasukan. Ok, balik lagi ke pecinta lomba menulis, ada baiknya melakukan penelitian terlebih dahulu, perusahaan besar belum tentu professional dalam menyelenggarakan kegiatan seperti ini. Hal itu bertujuan agar tidak ada rasa kecewa atau pun sakit hati di kemudian hari. Karena anda berhak untuk mendapatkan yang terbaik, karena dalam menulis tentu saja banyak yang dikorbankan, waktu untuk menulis, waku untuk melakukan penelitian dan masih banyak lagi yang pastinya anda sendiri yang mengetahuinya.

Baiklah besok-besok akan dibahas mengenai keuntungan mengadakan lomba menulis skala kecil. Simak terus saja diary citra karena blog citra pandiangan ini tentang aku, kamu dan mereka. :) happy long weekend. 

Image result for writing quotes for kids





Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health