Januari 12, 2016

Membaca membuka Mata Hati dan Jendela Dunia

Let’s see who like to reading book? Mungkin tidak banyak orang yang menyukai membaca buku. Padahal, membaca buku berarti membuka jendela dunia. Begitu yang pernah aku dengar sebelumnya. Bagi aku sendiri, membaca buku membuka gerbang dunia imajinasi aku dan menambah wawasan. Ada yang bangga mengatakan diri mereka sudah gemar membaca dari usia balita, tetapi sesungguhnya diriku tidak malu mengatakan bahwa aku baru menyukai membaca sejak duduk dibangku SMP (Sekolah Menengah Pertama). Hal itu dikarenakan aku ketularan virus dari teman sekolahku di SMP Advent Balikpapan, namanya adalah Oktaviano. Dia penggemar berat yang namanya komik, koleksi komiknya bisa terbilang WOW!! Bahkan dia pandai menggambar kartun komik ala Jepang. Wah, saat itu aku pikir dia bakalan jadi kartunis hebat.

Buku adalah sahabat sejatiku, bila aku sedang bersedih atau berduka maka buku humor akan membuatku kembali ceria; Ketika batinku sedang tenggelam maka buku Bible bacaanku menjadikanku kuat; Apabila aku lemah dan tak memiliki semangat maka buku motivasi membakar geloraku untuk berjuang dan bangkit; Buku romantis, buku misteri, buku dongeng mengajarkanku untuk bermimpi dan berkarya lebih baik bukan sekedar mitos dalam dongeng melainkan dalam kehidupan nyata yang kujalani maupun yang kutulis. Buku tidak pernah membuatku terluka, buku benar-benar sahabat sejatiku dikala aku sendiri maupun bersama puluhan orang yang tak kukenal @citrapandiangan  

Berawal dari menyukai komik dan kemudian aku naik level menyukai membaca buku cerita atau bisa disebut novel kali ya saat ini. Memang saat itu, pada masa aku kecil membeli buku itu harganya sangat ya lumayan, aku harus menabung tetapi terlalu lama untuk menabung membeli buku. Terus entah kenapa di dekat rumah teman masa SD ku tersebut dibuka tempat penyewaan buku. Jadinya, aku sering kesana untuk menyewa buku, mulai dari novel tipis hingga novel tebal, tergantung kantong. Karena lumayan juga menyewa buku dan komik dalam sehari saja aku bisa mengeluarkan uang sebesar 3.000 IDR hanya untuk seminggu atau 3 hari jangka waktu buku yang disewa untuk dibaca di rumah. Tetapi bagiku itu tidak masalah, meskipun uang pada masa eraku uang segitu terbilang cukup banyak kalau dibanding masa sekarang, uang itu tidak ada artinya. Lha, keponakan aja kalau dikasih duit 3000 IDR dia bilang untuk beli apa neh uang segini, tidak cukup. Lol.


Aku tidak membatasi selera membaca bukuku, meskipun aku pada masa itu paling nggak suka membaca novel karangan Indonesia karena endingnya selalu saja ketebak dan membuat kesal. Karena tidak ada greget yang bisa membuat aku penasaran untuk membaca lembar demi lembar. Penulis best seller pada masaku saat itu terbilang tidak terlalu banyak untuk penulis Indonesia. Tetapi bukan berarti aku tidak menyukai penulis Indonesia pada masa aku SMA. Aku menyukai Mira W, oops aku hanya ingat itu saja hehehe. Untuk koleksi novelku sendiri hingga saat ini 80 persen adalah penulis luar, dan 20 persen adalah penulis Indonesia. Kalau dihitung-hitung novel, buku motivasi, buku kejiwaan dan kepribadian sangat banyak juga. Begitu juga komik, tetapi sebulan terakhir, komik-komikku, aku bagikan ke anak-anak di lingkungan rumahku dan juga anak-anak di gerejaku. Ya, aku ingin mencoba menularin virus membaca bagi generasi muda. Karena saat ini memang membaca sudah bukan lagi kewajiban buat mereka, membuka buku untuk membaca sama dengan bunuh diri mungkin. Padahal, dengan membaca akan banyak ilmu yang didapat.

Kalau ditanya kenapa minat membaca buku rendah di Indonesia? Aku tidak tahu jawabannya! Pastinya kesadaran membaca itu datang dari diri sendiri dan aku menyadari betapa pentingnya membaca saat aku duduk ditingkat SLTP. Sesuai dengan tema penerbit buku perempuan, :)  Book Addict is the New Sexy untuk menyebarkan virus gemar membaca. Stiletto Book  merupakan penerbit buku yang saat ini telah memasukin usia ke 5 tahun, semoga selalu menghasilkan terbitan buku yang menarik dan makin tua aja.  


Manfaat Membaca Buku Itu...............



Mau tau tidak manfaat dari membaca buku? Membaca buku membuat dunia kamu tidak hanya berputar pada dirimu sendiri, melainkan kamu bisa turut menjelajah imajinasi sesorang dan menjadikan dirimu pribadi yang baik. Membandingkan kehidupan dan mendapatkan pelajaran kehidupan dari setiap tokoh yang kamu baca dalam novel, turut hanyut dalam dunia hayalan yang membuat kamu termotivasi untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi. Mempelajari apa yang boleh dan tidak boleh serta konsekuensi dari setiap tindakan dan pilihan yang sudah dilakukan. Menjadikan kamu pribadi yang dewasa dan bisa mendapatkan solusi atau memberikan solusi bagi teman, keluarga dan diri kamu sendiri. Karena hobi membacamu menjadikanmu pribadi yang memiliki wawasan yang luas, empati yang baik, peduli terhadap teman dan sekelilingmu.


Oh ya, aku salut sama orang luar negeri, termasuk teman-teman buleku. Setiap mereka berpergian mereka selalu membaca buku untuk dibaca dalam perjalanan mereka dan juga bahkan disaat waktu menunggu jam keberangkatan mereka. Usia mereka mulai dari yang muda hingga usia lanjut (bisa kita panggil mereka opa dan oma) masih gemar membaca. Kenapa tidak? Membaca bisa dilakukan kapanpun dan dimana pun. Membaca buku tidak harus memberikan waktu khusus untuk itu. Aku sendiri sewaktu masih bekerja di kota besar (baca: Jakarta), daripada melamun tidak jelas menunggu busway yang datangnya sangat lama, aku selalu membawa buku untuk dibaca agar waktu menunggu itu aku tidak merasa bosan. Terkadang aku suka tersenyum sendiri saat membaca buku pada bagian yang menyenangkan atau lucu, hal itu membuat hatiku jadi lebih riang dan menyambut hari dengan penuh sukacita. Dari pada menunggu angkutan umum lama, dikit-dikit lihat jam dan mengomel membuat hari orang tersebut jadi bad mood dan uringan. Membaca buku membuat hidup kita lebih panjang, membuat hari kita menyenangkan, membuat perasaan kita jadi lebih tersentuh. Karena setiap buku membawa suatu cerita dan kepribadian untuk membuat kita menjadi lebih baik lagi. Jadi? Mau mulai kapan teman-teman pembaca diary-citra ini ingin menjadi pembaca sejati? Yuk, mulai dari sekarang?

Oh ya, membaca buku hard copy dengan soft copy sangat berbeda lho. Lebih enakan membaca buku dalam bentuk hard copy alias dalam bentuk fisik. Hal itu dikarenakan mata kita tidak akan cepat lelah berlama-lama di depan layar monitor ponsel maupun laptop dan satu hal lagi, membaca buku bentuk fisik lebih mengasyikan karena kita bisa mendengar suara lembaran-lembaran kertas yang terbuka dan bisa melihat wah, masih banyak lembaran yang belum terbaca, tapi ingat ya! Buku jangan dilipat!!! Kasihan tau! Jadi gunakan pembatas buku, tidak perlu membeli yang mahal, bisa kita sisipkan foto kekasih, suami atau anak-anak atau bahkan kita bisa berkreasi sendiri untuk membuat pembatas buku untuk buku yang sedang kita baca.



Kalau ditanya kapan seh aku meluangkan waktu untuk membaca buku? Setiap waktu kalau bisa, ya biasanya diwaktu senggang, di waktu sebelum tidur dan di waktu menunggu seseorang atau sesuatu. Membaca buku dimana dan kapanpun karena di dalam tasku tidak pernah yang namanya tidak ada buku bacaan. Bahkan aku bisa membaca buku dua sampai tiga kali dibaca ulang kalau ceritanya menarik. Bahkan aku pernah membaca buku Perahu Kertas hanya dalam waktu dua hari saja, hingga bergadang karena rasanya malas banget menutup buku itu dan terlalu penasaran disetiap lembar halamannya. Nah, jadi tidak perlu waktu khusus tetapi setidaknya dalam sehari luangkan waktu untuk membaca daripada untuk bergosip, ada dosanya tetapi membaca buku tidak ada dosanya melainkan menambah beragam kisah pengalaman hidup dan juga terapi bagi yang sedang sedih dan putus harapan, carilah buku yang memotivasi untuk hidup. Selamat membaca dan jangan pernah mengatakan I DON’T LIKE READING a BOOK. Melainkan katakan Book is my best friend because it always company me every where I GO.


Oh iya satu hal lagi, membaca buku bisa menjadikanmu seorang penulis lho. Kenapa demikian? Karena pada saat kamu membaca banyak buku ada yang hasilnya bagus maupun jelek, jadi membuat kamu berpikir untuk menuliskan karya yang lebih bagus daripada buku yang kamu baca. Why not! Motivasi bisa didapat dari membaca buku. Bahkan ada yang mengatakan “Jangan mengaku seorang penulis jika tidak suka membaca, karena menulis karya berawal dari membaca”. Kapan-kapan aku bahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan membaca dan menulis ya.




Artikel yang berhubungan dengan membaca buku
Lets fun without spend a lot money click here
Reading book before sleeping here


Terimakasih telah membaca kampanye tulisan untuk gemar membaca buku, semoga sejak membaca artikel sederhana ini, teman-teman Diary Citra menjadi salah satu virus untuk mengajak saudara, teman yang lain gemar membaca. Said I love read a book because read book is fun activity

Ps. Selamat ulangtahun Stiletto terus bertambah tua ya, tandanya penerbitan ini sukses dan maju


Nama      : Citra Pandiangan
Sosmed   : @citrapandiangan
Email      : citrapandiangan@gmail.com

Semoga menang ya, hadiahnya lumayan lho:

Mau tahu hadiahnya?
Akan dipilih 3 pemenang dengan hadiah sebagai berikut:
Pemenang 1:

  • Paket buku Stiletto Book senilai Rp1.250.000 (Setiap judul akan terdiri dari 2 eksemplar agar kamu bisa berbagi buku ke orang-orang terdekat)
  • Menjadi duta membaca pilihan Stiletto Book yang akan kami kirimi buku baru setiap dua bulan sekali selama satu tahun.
  • Paket merchandise Stiletto Book in Style senilai Rp250.000
  • Uang tunai sebesar Rp500.000
Pemenang 2:
  • Paket buku Stiletto Book senilai Rp1.250.000 (Setiap judul akan terdiri dari 2 eksemplar agar kamu bisa berbagi buku ke orang-orang terdekat)
  • Paket merchandise Stiletto Book in Style senilai Rp150.000
  • Uang tunai sebesar Rp300.000
Pemenang 3:
  • Paket buku Stiletto Book senilai Rp1.250.000 (Setiap judul akan terdiri dari 2 eksemplar agar kamu bisa berbagi buku ke orang-orang terdekat)
  • Paket merchandise Stiletto Book in Style senilai Rp100.000
  • Uang tunai sebesar Rp200.000
Pemenang akan diumumkan di web Stiletto Book ini pada minggu kedua bulan Febuari 2016 ya!  Kami tunggu tulisanmu! Masih ada kesempatan lho yang mau ikutan karena deadlinenya sampai akhir bulan ini. jadi mari kampanyekan gemar membaca yuk
Thanks for Visit Diary Citra | It's about Me, You and Them
Title : Membaca membuka Mata Hati dan Jendela Dunia
Writen By : Citra Pandiangan
Do You like this article: Membaca membuka Mata Hati dan Jendela Dunia Do You want to keep it? You can ask me and I will give it to you. Happy Reading and Hapy Blogging. God bless us

5 komentar:

  1. Koleksi bukuku mungkin agak malah sangat berantakan ya fotonya, berarti aslinya sama. Hal itu karena kami baru saja pindah rumah lagi..... Mudahan kali ini, bisa menetap lama

    BalasHapus
  2. aku suka baca buku komik jepang yang romantis-romantis gitu

    BalasHapus
  3. Hobi baca buku sepertinya menyenangkan ya, aku mau coba deh

    BalasHapus

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Creative and Health

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Kota Cinta | Kita Bahagia | diary Citra